Ujian Pakai Sarung, Pertama Kali Dalam Sejarah IDIA

Sejak Sabtu tanggal 19 Oktober 2019 hingga hari ini, Senin (28/10), mahasiswa IDIA fokus menghadapi ujian akhir semester yang merupakan bagian dari rentetan kegiatan akhir semester bagi seluruh santri Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Pun tak terkecuali mahasiswa IDIA sebagai mahasantri yang juga harus menghadapi ujian.

Kegiatan akhir semester ini diawali dengan ujian fakultas atau perkuliahan sore yang dimulai pada tanggal 19 – 24 Oktober 2019. Ujian akhir semester (UAS) diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Rektor IDIA Prenduan, Dr. KH. Ghozi Mubarok, MA. Dalam sambutannya, Wakil Pengasuh Pondok ini memesankan bahwa ujian bukanlah semata-mata untuk mendapatkan nilai yang baik, tetapi sebagai evaluasi diri untuk melihat sejauh mana kita mencapai hasil yang optimal selama perkuliahan.

Dalam kesempatan itu pula Doktor Ilmu Tafsir ini mengabarkan bahwa 7-8 dosen IDIA berhasil berkompetisi meraih hibah penelitian dari Kementerian Agama tahun 2019. Selain itu disampaikan pula bahwa beberapa dosen IDIA dipercaya menjadi narasumber dalam kegiatan ilmiah internasional, yang disambut dengan tepuk tangan mahasiswa kala itu.

Ada hal yang menarik dari ujian kali ini, yakni; pada tanggal 22 Oktober 2019, Selasa (hari Santri Nasional) seluruh mahasiswa, pengawas ruangan dan para dosen diwajibkan menggunakan sarung dan jas almamater saat peringatan hari santri.

“Baru tahun ini kita ujian pakai sarung. Sebelum-sebelumnya tidak pernah” Ungkap Ust. Drs. H. Amrullah Umar, Kepala Sekretariat Rektorat IDIA.

Untuk ujian ini memang kali pertama IDIA melaksanakannya dengan pakai sarung, terlebih setelah kebijakan kuliah pakai sarung setiap tanggal 22 Oktober menjadi salah satu kebijakan yang terdapat dalam Pedoman Akademik IDIA.

“Sudah dua tahun mahasiswa wajib pakai sarung pada tanggal 22 Oktober, ini sudah berjalan sejak tahun kemarin” tambah Ust. Fathorrahman, M.Pd sekalu Kepala BAAK IDIA Prenduan.

Ujian akhir semester ini akan berakhir pada tanggal 05 November 2019, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Kuliah Kemasyarakatan (Kulmas) pada tanggal 05-08 November 2019. Setelah seluruh mahasantri IDIA akan berlibur pada 07-18 November 2019 untuk putra dan 08-19 November 2019 untuk putri.

Saat kembali mahasantri tersebut akan langsung dihadapakan dengan persiapan pembukaan semester genap tahun akademik 2019-2020 yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 23 November 2019/26 R. Awwal 1441 H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *