Asesmen Lapangan Program Magister Pendidikan Agama Islam di Universitas Al-Amien Sukses Digelar

Pada hari Jumat hingga Sabtu, tanggal 09-10 Agustus 2024, Program Magister (S2) Pendidikan Agama Islam Universitas Al-Amien melaksanakan Asesmen Lapangan dengan penuh khidmat dan sukses. Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Al-Amien beserta jajaran rektorat lainnya, Direktur, Kaprodi dan Dosen di lingkungan UNIA yang turut menyambut kedatangan dua asesor dari LAMDIK, yaitu Prof. Dr. Fauzi Muharom. M.Pd. sebagai asesor I (UIN Surakarta), dan Dr. Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd. sebagai asesor II (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Al-Amien menyampaikan rasa syukur atas peningkatan animo calon mahasiswa yang sangat signifikan. Beliau mengungkapkan, “Pada tahun pertama angkatan 2022, program magister ini telah berhasil menerima mahasiswa sebanyak 54 pendaftar, dan pada angkatan kedua 2023 sebanyak 56 mahasiswa, tahun ketiga 2024 jumlah pendaftar menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan sekitar 116 calon mahasiswa yang mendaftar. Ini adalah bukti nyata kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang kami tawarkan.”

Kedua asesor yang hadir menjelaskan tujuan utama asesmen lapangan ini adalah untuk menilai dan memastikan bahwa Program Magister Pendidikan Agama Islam di Universitas Al-Amien telah memenuhi standar mutu pendidikan yang ditetapkan. Asesmen ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan program, mulai dari aspek kurikulum, sumber daya manusia, fasilitas, hingga proses pembelajaran dan output yang dihasilkan. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas akademik dan menjamin lulusan yang kompeten, sehingga dapat berkontribusi secara positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

Pada asesmen laparangan yang dilakukan pada tanggal 9-10 Agustus 2024, beberapa catatan dan masukan penting dari asesor disampaikan untuk peningkatan program pascasarjana, antara lain:

  1. Visi Misi Tujuan & Strategi (VMTS):
    • Perlu dilakukan peninjauan ulang terhadap target dan indikator lulusan, dengan penekanan pada penyesuaian profil lulusan yang visioner.
    • Diperlukan evaluasi berkala atau periodik terhadap strategi yang diterapkan.
  2. Tata Pamong, Tata Kelola, Kerjasama:
    • Seluruh kegiatan di program ini harus mengacu pada penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan strategi berbasis PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan).
    • Sistem tata kelola dan kaprodi perlu diperbaiki lebih mendalam untuk memastikan efektivitasnya.
  3. Mahasiswa:
    • Apresiasi diberikan atas animo yang tinggi terhadap program pascasarjana, dan disarankan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan minat ini di masa depan.
  4. Sumber Daya Manusia:
    • Peningkatan kapasitas SDM terutama dalam kenaikan jabatan fungsional menjadi hal yang perlu diperhatikan.
    • Dosen harus terus didorong untuk meningkatkan semangat pengembangan dirinya melalui reward dan pelatihan.
  5. Keuangan & Sarana Prasarana:
    • Penting untuk mengalokasikan anggaran secara seimbang pada Tri Dharma perguruan tinggi.
    • Perbaikan ruang belajar dan kebersihan sarana perlu menjadi perhatian serius.
  6. Pendidikan:
    • Diperlukan workshop penyusunan bahan ajar dan kurikulum agar relevan dengan SKS dan profil lulusan.
  7. Penelitian:
    • Dalam satu semester, dosen wajib melakukan penelitian dengan outcome publikasi di jurnal internasional.
  8. Pengabdian kepada Masyarakat:
    • Dosen wajib melakukan pengabdian masyarakat dan memastikan hasilnya dipublikasikan di jurnal akreditasi.
  9. Kelulusan & Capaian:
    • Untuk ke depannya, semua borang dan evaluasi diupayakan lebih terstruktur dan sistematis, baik secara informal maupun elektronik.

Acara ini berlangsung dengan lancar dengan diakhiri foto bersama dan diharapkan hasil asesmen ini dapat memberikan dorongan bagi peningkatan mutu pendidikan di Universitas Al-Amien, khususnya pada Program Magister Pendidikan Agama Islam.