Studium General dan Orientasi Akademik Pascasarjana Universitas Al-Amien Prenduan Sumenep Madura

Sumenep, 03 Agustus 2024 – Universitas Al-Amien Prenduan Sumenep Madura menggelar Studium General dan Orientasi Akademik untuk program pascasarjana. Acara yang berlangsung di Gedung Rektorat Lt. III ini dihadiri oleh Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, M.A. sebagai pembicara utama. Jajaran rektorat, pengasuh Ma’had Al-Jami’ah, KH. Moh. Fikri Husein, M.A., Rektor UNIA Prenduan, Dr. KH. Muhtadi Abdul Mun’im, M.A., Wakil Rektor I, Ust. Ahmadi, M.Ag., Warek III, Drs. KH. Fathie Thahir, M.Pd., Direktur Pascasarjana, Dr. H. Musleh, S.Pd.I., M.Pd.I., Kaprodi Magister PAI, Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I, beserta para dosen-dosen Pascasarjana UNIA Prenduan juga turut hadir.

Kegiatan ini dibuka oleh Pengasuh Universitas Al-Amien Prenduan, KH. Fikri Husain, M.A. Dalam sambutannya, Rektor UNIA Prenduan menyampaikan pesan penting tentang tujuan belajar dan berkegiatan bersama. “Apa yang kita lakukan, belajar dan berkegiatan bersama-sama ini untuk mencari ridho Allah SWT, agar kita senantiasa selamat di dunia dan di akhirat,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi Studium General dan Orientasi Akademik yang dibawakan oleh Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, M.A. Beliau menyampaikan bahwa hal terpenting dari studium general ini adalah pemantapan kepondokan islamiyah, mengingat dunia pascasarjana di Universitas Al-Amien berada di lingkungan pondok pesantren. Beliau juga memberikan motivasi dengan menceritakan perjuangannya selama menempuh pendidikan di Sudan dan Kairo, Mesir. Selain itu, beliau memberikan pesan penting bagi para mahasiswa. “Sebagai alumni, kita harus bersikap fleksibel dan tidak kaku terhadap masalah furu’iyah. Maksudnya, kita tidak boleh fanatik dan harus terbuka terhadap perubahan sesuai keadaan agar hidup tentram dan baik. Namun, kita juga harus tegas dan tidak ragu-ragu dalam menghadapi masalah ushul,” tegasnya.

Selepas acara Studium General selesai, agenda dilanjutkan dengan pengenalan fungsionaris pascasarjana yang dipandu oleh Sekretaris Pascasarjana, Ust. Achmad Maulidi, M.Pd.I. Beliau memperkenalkan dimulai dari direktur pascasarjana, disambung dengan Kaprodi Magister PAI Pascasarjana. Dalam acara tersebut, mahasiswa diberikan wawasan terkait administrasi pembelajaran di pascasarjana, mulai dari waktu pembelajaran sampai dengan sistem informasi terpadu, yaitu SIMASTER.

Acara ini ditutup dengan sesi foto bersama para mahasiswa dan mahasiswi, menandai berakhirnya kegiatan yang penuh inspirasi tersebut.(Adm.PPs)