Prestasi Berulang, Tim Debat IDIA Prenduan Raih Juara 1 Lomba Debat Bahasa Arab Tingkat Nasional 23-24

Prestasi gemilang kembali diraih oleh Tim Debat Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep dalam ajang Gebyar Bahasa Arab 2023 (GBA). Tim debat yang beranggotakan tiga mahasiswa berbakat berhasil meraih gelar juara 1 dalam lomba debat bahasa Arab tingkat nasional yang diselenggarakan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, pada tanggal 19 hingga 23 September 2023.

Anggota tim debat IDIA Prenduan yang luar biasa ini terdiri dari Eldho Pranthara, mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA); Ilham Safaris, mahasiswa semester 1 Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT); serta Bahrul Jadid, mahasiswa semester 5 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Tak hanya itu, kebanggaan kampus IDIA Prenduan semakin melonjak ketika Bahrul Jadid dari tim debat ini dinobatkan sebagai “Best Speaker” dalam lomba tersebut, hal ini membuktikan kemampuan luar biasa mahasiswa IDIA Prenduan dalam berbicara dan berargumentasi.

Perjalanan menuju kemenangan ini tidaklah mudah. Dalam babak penyisihan, tim debat IDIA Prenduan berhadapan dengan tim Al-Kindy PBA dari UIN Maliki Malang. Mereka berhasil melangkah ke babak berikutnya dengan mengalahkan tim dari UIN Bandung dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Akhirnya, dalam pertarungan final yang sengit, mereka berhasil mengalahkan tim El Jidal dari BSA UIN Maliki Malang dan keluar sebagai juara 1.

Dr. Izzat Amini, M.Pd., Kaprodi PBA, dengan rasa bangga mengungkapkan apresiasinya kepada tim debat IDIA Prenduan yang telah mengharumkan kampus mahasantri IDIA Prenduan. “Ini adalah juara kedua dalam satu bulan ini. Saya ucapkan selamat kepada tim debat, dan tentu terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut menjadi pendukung kesuksesan tim debat.”

Agus Saifuddin Amin, M.Si. sebagai Kaprodi KPI juga ikut menyambut gembira atas prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa. Ia menyampaikan harapan agar prestasi ini menjadi tradisi. Selain itu, Moh. Jufriyadi Sholeh, Lc., M.Th.I. juga berharap mahasiswa tetap tawadhu dan rendah hati, “prestasi harus tinggi, jangan lupa tetap rendah hati.”

Prestasi gemilang ini adalah prestasi kedua, setelah pada minggu sebelumnya mahasiswa IDIA Prenduan meraih prestasi tingkat ASEAN dalam gelaran SUKARABIC FEST di UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Selamat kepada Tim Debat IDIA Prenduan! (AJMI/IDIAPRENDUAN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *