STUDIUM GENERALE FAKULTAS USHULUDDIN

STUDIUM GENERALE FAKULTAS USHULUDDIN dengan Tema ” Reorientasi Studi Islam di Era Kontemporer”

Studium Generale merupakan kegiatan kuliah umum yang di jadikan agenda tahunan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin yang bekerja sama dengan seluruh Fungsionaris Fakultas Ushuluddin. Kegiatan ini membahas mengenai konotasi ke ilmuan yang ada pada Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir serta prodi  Aqidah dan Filsafat Islam untuk perkembangan kapabilitas keilmuan mahasiswa/i yang ikut berpartisipasi dalam agenda tersebut, sasaran kegiatan Studium Generale adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan  delegasi beberapa mahasiswa lintas Fakultas yang ada di Institut Dirosat Islamiya Al-Amien Prenduan.

Kegiatan Studium Generale yang dilaksanakan pada tanggal  20 agustus tahun 2022 ini mencoba mengangkat tema mengenai “ Reorientasi Studi Islam di Era Kontemporer” dengan narasumber Eksternal maupun internal Fakultas Ushuluddin, Narasumber pertama Dr. Mahmudi Kafrowi, M.Fil.I merupakan wakil dekan fakultas Ushuluddin INSTIKA Guluk-guluk yang merupakan pegiat Filsafat dan Tasawwuf Indonesia kemudian narasumber kedua dan ketiga adalah masing-masing ketua prodi fakultas Ushuluddin IDIA Prenduan yakni Dr. Encung Heriyadi, M.Fil (Ketua Prodi Aqidah dan Filsafat Islam) dan  Moh. Jufriadi sholeh, Lc, M.Th. I (Ketua Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir), kegiatan tersebut di buka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin IDIA Prenduan Ustad Abdul Muis, Lc, M.Th.I

Kegiatan ini berjalan dengan baik atas partisipasi aktif oleh peserta dan Narasumber-Narasumber yang saling berinteraksi melalui forum diskusi Studium Generale yang di pandu oleh Moh Aris Munandar mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam IDIA semester VII sampai dengan dirinya menyimpulkan dan menutup diskusi pada siang hari itu dengan sebuah kalimat “ studi Islam di era kontemporer merupakan sebuah keilmuan yang memiliki fokus kajian pembaharuan pemikiran islam karena sejatinya pemikiran Islam tradisional kini telah tersentuh oleh sebuah era yang di kenal sebagai kontemporer” kegiatan Studium Generale ditutup dengan pemberian cendramata serta sertifikat kepada narasuber dan pembagian buku kepada masing-masing peserta dengan pertanyaan terbaik. (20/08/2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *