KETENTUAN DAN ALUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR FAKULTAS USHULUDDIN IDIA PRENDUAN

A. PERSYARATAN ADMINSTRASI

  1. Menyerahkan Fotocopy sertifikat ORDIPA (semua program) dengan menunjukkan yang asli.
  2. Menyerahkan Fotocopy sertifikat PKM (khusus intensif). Dengan menunjukkan yang asli.
  3. Menyerahkan Formulir Pendaftaran seminar proposal Tugas Akhir/ formulir A1
  4. Menyerahkan Formulir seminar 1 (formulir A2) / Sertifikat Seminar I (wajib Mengikuti kegiatan sampai selesai) atau bisa menggunakan sertifikat yang di keluarkan oleh Fakultas Ushuluddin
  5. Menyerahkan Fotocopy persetujuan proposal oleh Dosen Pembimbing Tugas Akhir/ formulir A3
  6. Menyerahkan Fotocopy Bukti lolos cek plagiarisme, dengan batas toleransi 30% (Perpustakaan IDIA Prenduan)
  7. Melampirkan Fotocopy bukti pembayaran tahap I dan II yang disahkan oleh Bag. Pembayaran.
  8. Cetak transkrip sementara bisa di download di SIMASTER

B. PENDAFTARAN SEMINAR PROPOSAL

Adapun persyaratan Proposal Skripsi sebagai berikut:

  1. Lulus Administrasi poin A no. 1 s/d 8.
  2. Bukti telah melaksanakan perfotoan nihai dan telah melengkapi persyaratan administratif (Kabag Kemahasiswaan/Bag. Pembayaran)
  3. Menyerahkan 4 eksemplar proposal ukuran normal  (1 eks. diarsipkan di Prodi. 2 eks. diserahkan kepada penguji oleh mahasiswa. 1 eks. untuk mahasiswa/i)
  4. Menyerahkan Fotokopi lembar bimbingan yang dilegalisasi dengan stempel oleh Prodi.
  5. Proposal ukuran booklet (dibawa pada saat pelaksanaan ujian proposal skripsi, dibuat sesuai jumlah peserta ujian)

Keterangan :

  1. Semua berkas dimasukkan dalam map plastik resliting warna BIRU
  2. Semua formulir pendaftaran ujian proposal (Fom A1,A2 & A3) unduh disini
  3. Semua berkas diserahkan ke bag. Administrasi Fakultas Ushuluddin

C. PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL SKRIPSI

  1. Melakukan pendaftaran di Bag. Administrasi Fakultas Ushuluddin dengan membawa persyaratan tersebut (poin A dan B)
  2. Ketua Prodi menjadwal sidang Proposal Tugas Akhir.
  3. Administrasi Fakultas Ushuluddin menyediakan Form A4, A5 dan A6 untuk diserahkan ke penguji pada hari pelaksanaan.
  4. Mengikuti serangkaian kegiatan Ujian Proposal Tugas Akhir dengan tertib. Adapun teknis pelaksanaannya bisa unduh disini dan kisi-kisi PPT yang harus dipersiapkan untuk Seminar Proposal Tugas Akhir bisa dilihat disini.
  5. Melakukan revisi sesuai catatan para penguji (Penguji I dan Penguji II).
  6. Batas akhir pengumpulan revisi Proposal Tugas akhir 1 minggu setelah pelaksanaan sidang Proposal Tugas Akhir di kantor Fakultas Ushuluddin.

D. PERSYARATAN PENDAFTARAN MUNAQOSYAH SKRIPSI

Adapun persyaratan Munaqosyah Skripsi sebagai berikut:

  1. Menyerahkan fotocopy Sertifikat Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) dengan menunjukkan aslinya kepada Bag. Administrasi Fakultas Ushuluddin.
  2. Surat catatan revisi proposal yang sudah ditandatangani penguji/formulir A6
  3. Formulir pendaftaran Munaqosyah Skripsi/Formulir B1
  4. Sertifikat Seminar 2 (bisa diambil disini) (wajib mengikuti sampai selesai)
  5. Persetujuan mengikuti Munaqasyah Tugas Akhir oleh Dosen Pembimbing Tugas Akhir/Formulir B3
  6. Mencetak Transkip Nilai Sementara Tahun Akademik Terakhir di Simaster.
  7. Bukti Pembayaran Tahap I sampai IV.
  8. Bukti lolos Cek Plagiarisme dengan ketentuan sesuai dengan Pedoman Penyusunan Skripsi.
  9. Menyerahkan 4 Eksemplar Skripsi ukuran normal (3 Eks. diserahkan kepada penguji dan 1 Eks. Untuk mahasiswa)
  10. Skripsi ukuran booklet (dibawa pada saat pelaksanaan ujian Munaqosyah Skripsi, sesuai jumlah peserta)
  11. Fotocopi buku bimbingan Tugas Akhir yang dilegalisasi dengan stempel Prodi.
  12. Semua berkas dikumpulkan ke Bagian Administrasi Fakultas Ushuluddin (disatukan dalam map resliting warna BIRU)

Seluruh formulir pendaftaran Munaqosyah (Form B1, B2 dan B3) unduh di sini

E. PELAKSANAAN MUNAQOSYAH TUGAS AKHIR

  1. Melakukan pendaftaran di Bag. Administrasi Fakultas Ushuluddin dengan membawa semua persyaratan tersebut (poin D)
  2. Ketua Prodi memploting jadwal Munaqosyah Skripsi.
  3. Administrasi Fakultas Ushuluddin menyediakan Form B4, B5 dan B6 untuk diserahkan ke penguji pada hari pelaksanaan.
  4. Mengikuti serangkaian kegiatan Sidang Munaqosyah Tugas Akhir dengan tertib. Adapun teknis pelaksanaannya bisa unduh disini dan kisi-kisi PPT yang harus dipersiapkan untuk Sidang Munaqosyah Skripsi bisa dilihat disini.
  5. Melakukan revisi sesuai catatan para penguji.
  6. Batas akhir pengumpulan revisi Munaqosyah Tugas Akhir (Final) dalam bentuk (Hardcopy / Softcopy) untuk dicetak menjadi SKRIPSI, 1 minggu setelah pelaksanaan Munaqosyah Tugas Akhir di kantor Fakultas Ushuluddin.

F. PENDAFTARAN YUDISIUM DAN WISUDA

Menyerahkan surat catatan revisi Munaqosyah Skripsi yang sudah ditandatangani penguji (Formulir B6)

  1. Seluruh mahasiswa akhir wajib mengumpulkan 4 eksemplar naskah skripsi (tanpa steples dan jilid) dengan kertas 80 gram yang telah disetujui pembimbing,penguji,dan  disahkan Dekan Fakultas Ushuluddin, dan lembar pernyataan keaslian dengan materai 10.000,-
  2. Menyetorkan soft file skripsi kepada admin Fakultas dan Perpustakaan IDIA Prenduan, adapun Penyetoran File Skripsi dengan isi : Bagian awal (halaman sampul, halaman judul, halaman persetujuan, halaman pengesahan, pernyatan keaslian, halaman persembahan, halaman motto, kata pengantar, daftar isi, abstrak), BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V, Lampiran-lampiran, Daftar pustaka dan Translet Bahasa Arab / Inggris ( Bagi Program Intensif dan Plus)
  3. Menyetorkan soft file naskah Konversi Naskah Jurnal yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing. Adapun tekhnik Konversi Jurnal mengikuti tamplate jurnal El-Waroqoh : https://ejournal.idia.ac.id/index.php/el-waroqoh
  4. Soft File pada keterangan No 1 dan 2 wajib di upload pada Link berikut : https://bit.ly/FileSkrpsi-jrnal2023
  5. Menyerahkan surat catatan revisi Munaqosyah Skripsi yang telah ditandatangani penguji (B6).
  6. Form surat pernyataan persetujuan publikasi karya ilmiyah bisa diunduh di link berikut  https://bit.ly/publikaskaryaiIlmiah
  7. Mengisi lembar penyelesain tugas akhir dan pendaftaran wisuda sekaligus untuk pendataan alumni https://bit.ly/LembarYdsium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *